Sabtu, 29 November 2014

7 Tips Aman Berbelanja Online

Berbelanja online atau daring (dalam jaringan) sudah menjadi salah satu kelaziman akhir-akhir ini. Menjamurnya situs belanja online di Indonesia menunjukkan bahwa kebiasaan masyarakat untuk berbelanja di internet semakin meningkat. Sayangnya peningkatan tersebut patut diwaspadai karena penipuan di internet juga semakin marak.

Anda tentu sering melihat penawaran barang-barang di media sosial dengan harga yang teramat miring. Awas, hal tersebut merupakan trik utama yang dilakukan penipu untuk menjebak pembeli di internet. Setelah melakukan pembayaran, barang yang Anda idamkan tak kunjung tiba di tujuan. Anda tentu tak ingin hal itu terjadi bukan?

Berikut tips belanja aman di internet:

1. Lakukan riset terhadap penjual
Cobalah Anda memeriksa penjual sebelum melakukan transaksi. Anda patut mewaspadai situs yang memanfaatkan laman gratisan untuk menawarkan barang dagangannya. Beberapa situs akan mencoba menipu Anda dengan membuat situs palsu yang terlihat aman. Lakukan pemeriksaan terhadap situs tersebut sebelum memasukkan data-data pribadi Anda.

Catat alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi dari situs tersebut. Ini perlu dilakukan jika terdapat masalah terhadap transaksi atau tagihan Anda. Lakukan pengecekan terhadap situs penjual.

2. Periksa tingkat kepuasan penjual
Saat ini di Indonesia, banyak penjual yang bergabung dalam mall online. Penjual-penjual tersebut bernaung dalam situs seperti Berniaga, Tokopedia, Lazada dan lain-lainnya. Periksa tingkat kepuasan dari pembeli yang pernah bertransaksi dengan penjual tersebut.

Jika tingkat kepuasan dari toko tersebut tidak begitu bagus, Anda lebih baik mencari penjual lain ketimbang bertransaksi dengan penjual tersebut.

3. Gunakan kartu kredit
Bertransaksi menggunakan kartu kredit di internet memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding metode lain seperti bank transfer atau kartu debit. Penggunaan kartu kredit membuat Anda terhindar dari pemerasan, memberikan garansi serta mengamankan uang Anda saat barang tidak dikirimkan.

4. Periksa kembali seluruh pembelian
Pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara detail sebelum melakukan pembayaran. Jangan balas email dari perusahaan yang tidak Anda kenal. Pastikan sebelum memasukkan detil pembayaran di situs internet bahwa koneksi ke situs tersebut sudah aman. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa koneksi tersebut aman:
* Akan muncul simbol gembok di alamat laman ketika Anda berusaha mendaftar atau log in.
* Alamat situs akan diawali dengan https:// dimana s berarti secure atau aman.
5. Periksa kebijakan privasi
Selalu periksa kebijakan privasi dan pengembalian barang dari situs penjual. Ini dilakukan agar data-data yang Anda masukkan tidak melanggar privasi Anda. Sementara itu kebijakan pengembalian barang perlu diperiksa dengan baik apabila terjadi sesuatu hal dengan pesanan Anda.

6. Jangan lupa log out!
Pastikan Anda telah keluar atau log out dari situs jika telah selesai melakukan transaksi. Hanya dengan menutup browser tak membuat Anda keluar dari situs tersebut.

7. Cetak data transaksi
Buatlah data tercetak dari transaksi online Anda. Bacalah pernyataan tagihan kartu kredit dan periksa apakah tidak ada biaya siluman yang ditagihkan kepada Anda. Jika ada, segera telepon pihak bank dan laporkan hal tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.